Menjaga hati seperti menjaga tanaman

Kamis, Maret 1st, 2012

Assalamualaikum,,sobat sobat semua..
Saya mau tanya,,ada yang pernah buat salah gak?
Shalatnya masih bolong gak?
Bacaan fatihah nya udah benar gak?
Ya udah gak usah dijawab,saya malu dengan diri sendiri. Saya bertanya,seolah saya sudah yang baik2 nya🙂 Saya mau bercerita sedikit (kayaknya panjang nih🙂 ) tentang menjaga hati,,tapi sebelumnya kita lihat dulu cerita fiksi di bawah:

si Adi yang ingin belajar mandiri,mulai membuka kebun singkong di belakang rumahnya,tapi ia kurang pengalaman..maklumlah karna ia kerja kantoran. Setelah 2 minggu,singkongnya tumbuh..tapi sayang rusak pohonnya,,karena di makan kambing. Lalu ia membaca buku pedoman. Akhirnya ia tahu,,ia membuat pagar kayu di pinggiran kebunnya. Tapi tetap saja kambing2 bisa masuk,merusak pohon singkong nya,,bahkan menghancurkan pagar.. Si Adi kemudian membaca buku pedoman nya lagi,,ternyata ia tahu,bahwa pagar yang dibuatnya terlalu rendah,kayunya sudah lapuk,,,dan tidak rapat sehingga kambing mudah masuk. Lalu ia mulai menyusun rencana untuk membuat pagar yang kokoh,,,
kambing.jpg

pohon singkong : hati kita
pagar : shalat 5 waktu
kambing : syaithan

jadi dalam menjaga hati kita ibaratkan menjaga tanaman dari kambing. Pagari hati kita dari godaan setan dengan melaksanakan shalat 5 waktu. Coba perbaiki sedikit demi sedikit. Apakah bacaan fatihah kita sudah benar? Apakah shalat kita sudah khusuk? Dll. Ingat setan tidak akan pernah berhenti menggoda kita,sampai kiamat. Setan akan berusaha masuk ke celah2 hati kita dan merusaknya. Nah,dengan shalat 5 waktu,insya allah..allah akan melindungi kita.

Terus ada teman saya yang bertanya,”aku shalat tapi aku kok masih mengerjakan sesuatu yang dilarangnya?” Kemungkinan,ini terjadi karena shalat kita sering tinggal,atau bacaan belum benar,atau tidak ikhlas mengerjakannya,dll. Pagar yang kita buat masih lapuk,celah nya besar,,dan masih rendah,,,sehingga setan dengan mudahnya masuk,dan menggoda kita,,sampai akhirnya kita melakukan perbuatan2 tercela.

Mudah2 an kita semua diberi hidayah ya🙂 (amiin)
tulisan ini bagi saya sebagai ‘cambuk’ karena saya sendiri masih suka lalai.

Wassalam

NB: gambar buat sendiri,maaf kalau jelek🙂

Dikirim menggunakan X7

11 comments on “Menjaga hati seperti menjaga tanaman

  1. SITI FATIMAH AHMAD mengatakan:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Zalzzz…

    Tulisan yang amat mencerahkan minda dan menjernihkan jiwa.
    Ibarat yang sangat bagus dan memberi ruang untuk kita berfikir.
    Jika masih melakukan maksiat dan mungkar itu bererti masih banyak yang harus dibaiki dalam bersolat terutama hati dan wuduknya.

    terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.
    Informasi di blog ini memberi hikmah yang bermanfaat buat semua. Teruskan usaha menulis untuk kebijakan semua.

    Salam kenal.

  2. Erit Kantoni mengatakan:

    Bner bnget. .
    Nitip.Tema Michael Jackson Bernuansa Hitam Putih(Billie Jean).http://erit95.wordpress.com/2012/03/02/tema-michael-jackson-bernuansa-hitam-putihbillie-jean/

  3. bukanperantau mengatakan:

    Senantiasa mempebaiki diri…🙂

  4. Dyens Uzumaki mengatakan:

    sob itu buat gambarnya pakai apa?

Tinggalkan Balasan

